Halaman

SELAMAT DATANG DI

Sabtu, 08 Desember 2012

keindahan Kota Sabang [Aceh]

Sabang [Pulau Weh] - Pantai Iboih

Kota Sabang bukan sekedar batas ujung barat negeri Indonesia, tapi juga merupakan sebuah kepulauan yang sangat indah, kota ini berada diPulau Weh [disebut juga Pulau Sabang], wilayah kepulauan Sabang sendiri meliputi Pulau Weh, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Klah, dan Pulau Seulake.. sejak tahun 2011 kemarin dinas pariwisata Indonesia bekerja sama dengan persatuan olahraga layar dunia mengadakan suatu kegiatan pelayaran internasional yang disebut "Sabang International Regatta". program internasional ini menjadi sarana promosi wisata kota Sabang, rute pelayaran yang ditempuh adalah start dari Phuket [Thailand], kemudian ke Lengkawi [Malaysia], dan finish di Sabang [Indonesia]. Sabang International Regatta ini berlangsung setiap tahun. Sabang memang terletak di posisi strategis karena berbatasan langsung dengan wilayah 3 negara asia yaitu: Thailand, Malaysia, dan India.

di Sabang terdapat sebuah monumen "Tugu Nol Kilometer Sabang" yang merupakan tempat titik awal perhitungan wilayah Indonesia. ya, Sabang memang merupakan pintu gerbang negeri Indonesia di wilayah bagian barat -mungkin fakta inilah yang menginspirasi R. Suharjo untuk mencipta sebuah lagu berjudul "Dari Sabang Sampai Merauke". dari Tugu Nol Kilometer ini kita bisa menyaksikan pemandangan laut yang membatasi wilayah NKRI dengan negera tetangga.. akan lebih istimewa jika kita melihatnya pada saat matahari terbenam [sunset] -bayangkan saja, menyaksikan matahari tenggelam di ufuk barat, dari batas wilayah paling barat negeri ini.. seperti melepas kepergian matahari dari bumi pertiwi menuju negeri antah berantah.. :)

Sabang terkenal dengan wisata baharinya, Pulau Weh memiliki garis pantai berpasir putih yang eksotis, ditambah lagi pemandangan bawah laut yang menakjubkan menjadikan Sabang sebagai tempat yang spesial untuk diving. berbagai jenis ikan dan terumbu karang menghiasi perairan Sabang, keindahan taman bawah laut Sabang bahkan disebut-sebut tidak kalah dari Taman Bawah Laut Bunaken yang merupakan salah satu Taman Nasional. pulau-pulau di kepulauan Sabang juga memiliki hutan yang masih hijau alami, berlayar ke pulau-pulau kecil di kepulauan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. beberapa tempat menarik di Sabang adalah Pantai Gapang, Pantai Iboih, Tugu Nol Kilometer Sabang, Danau Aneuk Laot, Pantai Rubiah [Pulau Rubiah], dll.

Sabang [Pulau Weh] - Pantai Gapang
Sedikit catatan sejarah kota Sabang, sejak 1890an, Sabang telah menjadi Zona Perdagangan Bebas / Pelabuhan Bebas yang dikelola oleh pemerintah kolonial dan menjadi pusat pengembangan ekonomi di kawasan asia. bahkan lebih ramai daripada pelabuhan internasional Singapura saat itu.. namun pada Perang Dunia ke-2 Sabang hancur oleh serangan Jepang, setelah itu aktifitas di Sabang mulai sepi.. Pengembangan di mulai lagi pada tahun 2000, namun sebagai Zona Perdagangan Bebas / Pelabuhan Bebas kota ini masih kalah dari Pulau Batam. pada tahun 2004 Sabang selamat dari bencana Tsunami, hal ini membuat Sabang menjadi sangat penting karena merupakan kota transit jalur udara dan air bagi pengiriman bantuan nasional dan internasional untuk korban Tsunami di wilayah Aceh.. setelah itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata gencar mempromosikan Sabang sebagai tujuan wisata.

Informasi Wisata Kota Sabang
Akses : Dari Pelabuhan Ulee Lheu [Banda Aceh] langsung menuju Pelabuhan Balohan [Pelabuhan Bebas Sabang]. bisa menggunakan Kapal Ferry dengan jarak tempuh 2 jam, atau menggunakan Speedboat dengan jarak tempuh 45 - 60 menit.

bagian dalam Tugu Nol Kilometer Sabang

1 komentar:

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.